Penyebab Payudara Terasa Nyeri Dan Kencang

Payudara Anda terasa nyeri dan kencang dan Anda merasa khawatir dengan hal itu ? Jangan khawatir,itu umum dan tidak berbahaya.Banyak faktor yang dapat menyebabkan payudara Anda terasa nyeri dan kencang.


Nyeri payudara (mastalgia) - keluhan umum di kalangan wanita - dapat meliputi nyeri payudara, rasa sakit terbakar yang tajam atau kekakuan di jaringan payudara Anda. Rasa sakit mungkin konstan atau mungkin hanya terjadi sesekali.

Nyeri payudara dapat berkisar dari ringan hingga berat. Ini mungkin terjadi:
  • Hanya beberapa hari dalam sebulan, dalam dua hingga tiga hari menjelang periode Anda. Nyeri normal, ringan sampai sedang ini memengaruhi kedua payudara.
  • Seminggu atau lebih setiap bulan, dimulai sebelum periode Anda dan kadang-kadang berlanjut melalui siklus menstruasi Anda. Rasa sakit mungkin sedang atau berat, dan mempengaruhi kedua payudara.
  • Sepanjang bulan, tidak terkait dengan siklus menstruasi Anda.
Wanita pascamenopause kadang-kadang mengalami nyeri payudara, tetapi nyeri payudara lebih sering terjadi pada wanita yang lebih muda yang belum menyelesaikan menopause.

Sering kali, nyeri payudara menandakan kondisi payudara yang tidak bersifat kanker (jinak) dan jarang menunjukkan kanker payudara. Namun, nyeri payudara yang tidak dapat dijelaskan yang tidak hilang setelah satu atau dua siklus menstruasi atau yang berlanjut setelah menopause perlu dievaluasi oleh dokter Anda.

Kapan Harus Ke Dokter

Buat janji dengan dokter Anda jika nyeri payudara :
  • Berlanjut setiap hari selama lebih dari beberapa minggu
  • Terjadi pada satu area spesifik di payudara Anda
  • Tampaknya semakin buruk dari waktu ke waktu
  • Mengganggu kegiatan sehari-hari
Meskipun risiko kanker payudara rendah pada wanita yang gejala utamanya adalah nyeri payudara, jika dokter Anda merekomendasikan evaluasi, penting untuk menindaklanjuti.

Penyebab Payudara Terasa Nyeri Dan Kencang

Kadang-kadang, tidak mungkin mengidentifikasi penyebab pasti nyeri payudara. Faktor yang berkontribusi dapat mencakup satu atau lebih dari yang berikut:

➽ Hormon reproduksi.

Nyeri payudara siklik tampaknya memiliki hubungan yang kuat dengan hormon dan siklus menstruasi Anda. Nyeri payudara siklik sering menurun atau menghilang dengan kehamilan atau menopause.

➽ Struktur payudara.

Nyeri payudara noncyclic sering hasil dari perubahan yang terjadi di saluran susu atau kelenjar susu. Ini dapat menyebabkan perkembangan kista payudara.

➽ Trauma payudara

Pembedahan payudara sebelumnya, atau faktor lain yang terlokalisasi pada payudara dapat menyebabkan nyeri payudara. Nyeri payudara juga bisa mulai di luar payudara - di dinding dada, otot, sendi atau jantung, misalnya - dan memancar ke payudara.

➽ Ketidakseimbangan asam lemak.

Ketidakseimbangan asam lemak dalam sel dapat mempengaruhi sensitivitas jaringan payudara terhadap hormon yang bersirkulasi.

➽ Penggunaan obat.

Obat-obatan hormonal tertentu, termasuk beberapa perawatan kesuburan dan pil kontrasepsi oral, mungkin berhubungan dengan nyeri payudara. Juga, kelembutan payudara adalah kemungkinan efek samping dari terapi hormon estrogen dan progesteron yang digunakan setelah menopause. Nyeri payudara dapat dikaitkan dengan antidepresan tertentu, termasuk antidepresan serotonin reuptake inhibitor selektif (SSRI).

➽ Ukuran payudara.

Wanita dengan payudara besar mungkin memiliki nyeri payudara non-siklik yang berhubungan dengan ukuran payudara mereka. Sakit leher, bahu dan punggung bisa menyertai nyeri payudara karena payudara besar.

➽ Operasi payudara.

Nyeri payudara yang berhubungan dengan operasi payudara dan pembentukan bekas luka kadang-kadang bisa berlama-lama setelah sayatan telah sembuh.

Nah itu tadi merupakan kemungkinan ( faktor penyebab ) yang mungkin salah satu dari faktor penyebab diatas menjadi penyebab payudara Anda terasa nyeri dan kencang.

Untuk itu jika Anda mengalami payudara terasa nyeri dan kencang segera untuk mengambil langkah pengobatan supaya nyeri payudara tersebut dapat segera diatasi secara cepat.

Bagi Anda yang saat ini memiliki payudara yang terasa nyeri dan kencang,namun tidak tau perihal pengobatan apa yang harus dilakukan.Kini Anda tidak perlu khawatir !!

Untuk pengobatan nyeri payudara,banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk mengobati nyeri payudara tersebut yang salah satu caranya  bisa Anda dilihat disini. cara mengobati nyeri payudara secara alami

Komentar